Wisata Perahu Kalimas : Tak Perlu Jauh Ke Venice, Cukup Kesini

Wisata Perahu Kalimas – Meski jauh dari Venice, pengalaman romantis menyusuri sungai dengan perahu di bawah cahaya rembulan tak perlu dicari terlalu jauh. Buktinya, Wisata Perahu Kalimas menawarkan pesona serupa, di mana kamu dapat menikmati wisata air yang syahdu langsung di Kota Pahlawan.

Dengan suasana yang khas dan keberagaman aktivitas, kamu dapat menemukan keelokan alam dan romantisme di jantung kota Surabaya. Bahkan, kepermaian ini boleh dibilang setara dengan pesona air Venice yang terkenal di seluruh penjuru dunia.

Wisata Perahu Kalimas : Tak Perlu Jauh Ke Venice, Cukup Kesini

Kalau kamu belum tahu tentang Wisata Perahu Kalimas Surabaya, yuk, kita intip sebentar gimana sih ceritanya wisata yang satu ini. Objek wisata ini ternyata punya cerita sejarah yang bikin kita bangga sebagai anak bangsa.

Bayangin aja, dulu, Sungai Kalimas ini tempat penting buat jalur perdagangan zaman penjajahan VOC. Kapal-kapal yang lewat bawa barang-barang berharga yang jadi nyawa perekonomian saat itu.

Pilihan Editor :

Nah, sekarang, bekas jalur pelayaran bersejarah itu udah berubah wujud jadi wisata yang ciamik banget. Dari yang tadinya tidak terawat, sekarang Wisata Perahu Kalimas udah jadi spot hits.

Destinasi wisata di Surabaya ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Surabaya di Hari Ulang Tahun Kota Surabaya yang ke-729. Gak heran kalo banyak arek-arek Suroboyo dan wisatawan dari luar kota yang penasaran pengen nyobain serunya jalan-jalan naik perahu di Kalimas.

Harga Tiket Wisata Perahu Kalimas

Udah nggak sabar pengen nyobain Wisata Perahu Kalimas? Sebelum itu, yuk simak dulu info penting soal harga tiketnya. Pertama, buat kamu yang pengen start petualangan dari Taman Prestasi, tiketnya cuma Rp4.000 per orang, lho. Murah banget kan?

Tapi ingat ya, itu baru buat wisata perahunya aja. Nah, kalau kamu mau start dari Monumen Kapal Selam atau yang sering disebut Monkasel, harganya sedikit naik jadi Rp10.000.

Tapi, harga segitu sudah termasuk paket komplit loh. Bisa mampir ke Monumen Kapal Selam dan Museum Pendidikan Pendidikan juga.

Penting nih, tiketnya bisa berubah sewaktu-waktu dan harus dipesan online di website resmi. Jadi, jangan lupa buka tiketwisata.surabaya.go.id, pilih tanggal dan jam yang kamu mau. Pastikan datang tepat waktu sesuai yang tertera di tiket ya.

Jam Operasional Wisata Perahu Kalimas

Wisata Perahu Kalimas buka setiap hari, dari jam 15.00 sampai 21.00 WIB. Asyik banget kan bisa menikmati Surabaya di sore hingga malam hari?

Tapi, ingat ya, Sahabat Nagan, karena satu perahu cuma bisa muat sekitar 24 orang, jadi pastikan kamu sudah pesan tiketnya dari jauh-jauh hari. Biar nggak kehabisan slot.

Plus, coba deh pilih jam operasional menjelang sore hari. Dijamin, pemandangan matahari tenggelam dan langit sorenya itu loh, bikin momenmu makin spesial!

Daya Tarik Wisata Perahu Kalimas

Di Wisata Perahu Kalimas, kamu bakal disuguhi pemandangan lampu lampion yang berwarna-warni di sekitar monumen kapal selam, Taman Prestasi, dan Taman Ekspresi. Udah kayak di film-film romantis gitu, deh!

Gak perlu jauh-jauh ke Italia, di Surabaya juga ada lho suasana ala Venice. Bedanya, kalau di Wisata Perahu Kalimas ini kamu bakal ditawarin lebih dari sekedar jalan-jalan naik perahu.

Wisata ini juga menawarkan lebih dari sekedar pemandangan indah, loh. Kamu bisa belajar banyak tentang sejarah Surabaya, khususnya masa VOC di Indonesia. Rute perjalanan yang kamu lalui punya cerita sejarah yang mendalam, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa cekrek-cekrek di spot foto keren seperti Air Mancur Patung Suroboyo. Pun melihat skill anak-anak di Taman Skate & BMX, jalan-jalan santai di Pasar Apung, sampai belajar sejarah di Museum Pendidikan dan Dermaga Siola.

Plus, kadang ada pertunjukan angklung yang bakal bikin suasana makin syahdu dengan langit sore sebagai backdrop. Romantis banget kan buat kamu yang mau quality time sama pasangan?

Anjuran dan Larangan di Wisata Perahu Kalimas

Demi kenyamanan bersama, pengunjung Wisata Kalimas wajib mengikuti aturan-aturan yang berlaku selama kunjungan mereka.

Anjuran

  • Ikuti petunjuk keselamatan.
  • Jaga barang bawaan pribadi dengan nggak meninggalkan barang berharga di tempat umum tanpa pengawasan.
  • Patuhi aturan dan petunjuk pengelola yang berkaitan dengan jam buka, tarif, dan batasan lainnya.
  • Berperilaku sopan terhadap pengunjung lain dan petugas wisata, termasuk dalam berkomunikasi dan berinteraksi.
  • Jaga kebersihan dan respons dengan bijak setiap petunjuk pengelola terkait pemilahan sampah.
  • Cek informasi terbaru dari website resmi Tiket Wisata Surabaya untuk memastikan kepatuhan penuh terhadap aturan yang berlaku.
  • Datang lebih awal dari waktu reservasi dan persiapkan cukup saldo pada e-wallet untuk mempercepat proses pembayaran.
  • Hormati pengemudi perahu agar nggak mengganggu proses pemanduan.

Larangan

  • Dilarang merusak fasilitas umum.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai.
  • Hindari mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengunjung lain, termasuk perilaku yang mengganggu atau nggak pantas.
  • Dilarang merokok.
  • Jangan berdiri atau melakukan gerakan yang dapat membahayakan keseimbangan perahu.

Fasilitas Wisata Kalimas

Di Wisata Kalimas, tersedia berbagai fasilitas untuk menghadirkan pengalaman yang lebih nyaman bagi para pengunjung, di antaranya:

  • Area parkir
  • Atraksi cahaya
  • Taman
  • Toilet
  • Wisata air

Cara Menuju ke Wisata Kalimas

Pilihan cara menuju Wisata Kalimas cukup bervariasi. Pilih satu dari beberapa jalur perjalanan di bawah ini:

  • Jika kamu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, pertama-tama jalan kaki 1 kilometer dulu ke Pemadam Kebakaran Perak Barat. Selanjutnya, naik angkot Z menuju Rajawali 2, kemudian teruskan dengan angkot R2 sampai Pangsud. Setelah itu, jalan kaki sekitar 500 meter ke Wisata Kalimas.
  • Bagi pengunjung yang berangkat dari Terminal Purabaya, pertama-tama jalan kaki lebih dulu sekitar 750 meter menuju Stasiun Waru. Kemudian, naik kereta jurusan Surabaya Pasar Turi dan turun di Stasiun Gubeng. Terakhir, jalan sekitar 1 kilometer ke arah Wisata Kalimas.
  • Kalau titik keberangkatanmu adalah Bandara Juanda, pergi dulu ke Terminal Tambak Sawah. Dari sana, naik angkot X menuju Royal Plaza, lalu lanjutkan dengan angkot R1 ke Kaliasin. Setelah itu, tempuh perjalanan 1 kilometer dengan berjalan kaki untuk tiba di destinasi akhir, Wisata Kalimas.
  • Untuk pengunjung yang mengemudi dari arah Sidoarjo, ikuti Jalan Raya Surabaya-Malang hingga mencapai Jalan Urip Sumoharjo. Lanjutkan perjalanan ke arah Wisata Kalimas.
  • Dengan kendaraan pribadi dari arah Gresik, susuri Jalan Kragan hingga bertemu Jalan Dupak. Kemudian, ikuti petunjuk ke Ketabang.

Anda mungkin juga suka...

Eksplorasi konten lain dari sentul.city

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca